3 Contoh Small Business Idea Property Service Dan Panduan Untuk Memulainya, Agar Tidak Berhenti Di Tengah Jalan

3 Contoh Small Business Idea Property Service Dan Panduan Untuk Memulainya, Agar Tidak Berhenti Di Tengah Jalan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa terjun ke dunia bisnis properti merupakan peluang bisnis yang menggiurkan, keuntungannya sangat besar. Namun tidak banyak orang yang paham bagaimana caranya agar bisnisnya berjalan sukses dan memperoleh keuntungan. 

Salah satu yang membuat orang mundur menjalankan bisnis ini adalah anggapan bahwa menjalankan bisnis ini membutuhkan modal yang sangat besar. Padahal kenyataannya, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali.  Berikut ini contoh small business idea dalam bidang properti yang sangat menguntungkan.

  1. Makelar Properti

Jenis bisnis properti yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Seorang makelar bertugas sebagai perantara atau mediator antara penjual dan pembeli. Mendapatkan komisi berkisar antara 2-4% dari jumlah transaksi jual beli. 

  1. Bisnis Kost-Kostan Atau Kontrakan

Bagi Anda yang memiliki modal besar maka salah satu pilihan yang tepat menjalankan bisnis properti adalah membuka kost-kostan atau kontrakan. Walaupun modalnya besar, hasil yang didapat juga tidak kalah besar. Apalagi setiap tahunnya kebutuhan kamar kost mengalami peningkatan dan keuntungannya bisa dirasakan dalam waktu panjang.

Lokasi yang strategis menjalankan bisnis kamar kost-kostan atau kontrakan adalah di daerah sekitar kampus, perkantoran, pabrik, rumah sakit ataupun sekolah. Semakin strategis lokasinya maka harga sewanya juga lumayan mahal. Bisnis ini bisa merupakan small business idea high profit.

  1. Membuka Homestay

Apabila Anda memiliki rumah yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata, membuka layanan jasa penginapan homestay merupakan  pilihan tepat. Fasilitas homestay tidak jauh berbeda dengan fasilitas rumah pada umumnya bahkan tidak jarang pemiliknya tinggal di homestay.

Anda bisa memanfaatkan jaringan perkawanan atau media sosial untuk mempublikasikan dan memasarkan usaha penginapan yang Anda kelola. 

Poin Penting Sebelum Terjun Ke Dunia Bisnis Properti

Sebenarnya ada banyak jenis small business idea high profit yang bisa Anda jadikan pilihan. Banyaknya pilihan bisnis properti, mungkin membuat Anda tidak yakin mana yang akan menjadi bisnis terbaik.  Padahal pilihan yang Anda pilih Pilihan tidak sekadar mempengaruhi karier Anda, namun juga tujuan dan gaya hidup Anda.

Beberapa hal yang bisa dijadikan panduan jika Anda terjun ke bisnis properti, diantaranya adalah sebagai berikut.

Apakah Anda benar-benar memiliki minat di bidang bisnis properti?

Semua jenis bidang usaha/bisnis apapun akan mengalami masa-masa sulit. Jika tidak memiliki drive internal Anda akan mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah yang datang dan sulit untuk bertahan lama. Jadi pikirkanlah jenis bisnis properti mana yang Anda minati dan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini.

Apakah Anda memiliki pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini?

Perlu Anda ketahui, ada beberapa  jenis small business idea yang berhubungan dengan properti yang melibatkan keahlian atau teknis Artinya, Anda harus memiliki pengalaman pelatihan sebelum terjun ke lapangan. 

Selain itu pengalaman juga merupakan kebutuhan untuk memulainya. Cari dan pelajari pengetahuan berhubungan dengan bisnis yang Anda pilih. Selain itu penting membuat strategi dan langkah-langkah yang tepat.

Sebelum memulai bisnis, lakukan riset terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan pengujian terhadap ide tersebut barulah kemudian diketahui apakah banyak permintaan atas layanan jasa bisnis properti yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui gambaran berapa besar biaya/modal awal yang dibutuhkan.

Demikian beberapa contoh small business idea yang menguntungkan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *