5 Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Membuat Hotel Menjadi Best Hotel

5 Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Membuat Hotel Menjadi Best Hotel

Saat ini persaingan para developer memasarkan produk properti semakin ketat. Hal ini bisa dilihat dari salah satu indikatornya yaitu semakin banyak bermunculan proyek yang menawarkan best hotel dengan konsep dan target pasar beragam.

Situasi ini mengharuskan para agen properti atau marketing mendapatkan ide kreatif dan inovatif dalam aktivitas pemasaran. Apalagi sekarang ini semakin subur situs-situs web mempromosikan bisnis hotel.

Berikut ini strategi digital marketing hotel yang terbukti efektif mengumpulkan banyak pengunjung.

  1. Memanfaatkan Jaringan Internet (Online)

Tidak bisa dipungkiri, saat ini teknologi telah mengambil alih berbagai kegiatan, salah satunya pemasaran. Para wisatawan tidak perlu meninggalkan tempat duduknya untuk mencari informasi seputar best hotel di Indonesia bahkan untuk melakukan pemesanan kamar. 

Jadi, jika hotel Anda tidak ditemukan secara online maka tidak heran jika pemesanan kamar sedikit/jarang.  Pastikan Anda memiliki situs website dan akun media sosial seperti di Twitter, Instagram, Facebook. Buatlah jadwal berbagi informasi, mempromosikan hotel secara rutin dan berkala. 

  1. Lakukan Remarketing

Pemasaran ulang atau remarketing adalah komponen yang tidak boleh diabaikan dan sebaiknya masukkan ke dalam strategi pemasaran. Karena kenyataannya ada juga wisatawan yang berpikir ulang apakah memesan atau tidak. Alasannya bisa jadi karena mendapatkan tawaran yang lebih menarik di tempat penginapan lain.

Dengan adanya remarketing Anda bisa mengurangi pengabaian. Contohnya: dengan menampilkan iklan yang menarik dan responsif. Tunjukkan apa yang menjadi kelebihan hotel yang Anda kelola dibandingkan dengan hotel lainnya. Remarketing bisa dikonfigurasikan dengan platform di media sosial dan iklan di Google.

  1. Target Pasar yang Tepat

Jenis hotel apa yang Anda kelola, dan sudah tepatkan target sasarannya? Pertanyaan ini penting untuk dijawab, karena setiap jenis best hotel di Indonesia memiliki target yang berbeda. Ambil contoh hotel di daerah perbukitan berbeda dengan hotel yang lokasinya di tengah kota.

pengunjung yang datang memiliki tujuan yang berbeda dan anggarannya juga berbeda. Namun banyak hotel yang memilii target sasaran yang beragam dengan tingkatan pendapatan yang berbeda-beda. Hal ini karena hotel-hotel tersebut sering memberikan tawaran menarik, seperti harga diskon di hari-hari atau moment tertentu.

Jika Anda sudah bisa menentukan siapa yang menjadi target sasaran akan lebih mudah menyusun konsep pemasaran.

  1. Konten yang Menarik

Memasarkan best hotel secara online harus memiliki banyak konten yang ditayangkan. Tentu saja semua konten yang diposting harus berkaitan dengan semua kegiatan di hotel, misalnya: kegiatan pelatihan, pernikahan, pariwisata atau event khusus, seperti perayaan ulang tahun, juga tahun baru.

Konten juga erat kaitannya dengan segmen pasar, produk hotel, misalnya penyewaan ballroom, atau room. 

  1. Geo Marketing

Geo Marketing adalah pemasaran berdasarkan basis data geografis. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih pemasaran ini bukan hal yang sulit dilakukan. 

Dengan menggunakan strategi geo marketing, Anda bisa langsung menawarkan pada target lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Strategi ini bisa lebih efektif mengenai sasaran, lebih maksimal dan bisa memperhitungkan efektifitas dari data yang diperoleh sebelumnya.

Contoh strategi digital marketing hotel menggunakan geo marketing, yaitu menggunakan search engine Google. 

Dari kelima strategi pemasaran best hotel melalui online di atas bisa diaplikasikan bersamaan dengan tujuan untuk menemukan strategi yang tepat, cocok, dan ideal untuk mendatangkan banyak pengunjung. Dengan mengaplikasikan kelima strategi pemasaran hotel tersebut diharapkan dapat memberikan data yang bisa dikembangkan untuk strategi  di masa yang akan datang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *