Belum Tahu Kriteria Hotel Seperti Apa? Ini Ulasannya Kenapa Bisa Disebut Best Hotel

Belum Tahu Kriteria Hotel Seperti Apa? Ini Ulasannya Kenapa Bisa Disebut Best Hotel

Kebanyakan orang jika mendengar kata ‘hotel’ yang dibayangkan adalah best hotel dengan bangunan megah dengan harga sewa perkamar yang mahal. Padahal tidak demikian, setiap hotel memiliki beberapa kelas dengan harga sewa yang berbeda-beda setiap kamarnya.

Secara umum hotel adalah bangunan yang didalamnya terdapat banyak kamar. Kamar-kamar tersebut disewakan untuk orang yang sedang dalam perjalanan. Kita mengenal beberapa jenis hotel berdasarkan jumlah bintang, ada best hotel and resort bintang satu hingga bintang lima. 

Jenis-jenis Hotel Berdasarkan Jumlah Bintangnya

Berdasarkan jenisnya, hotel dapat dibedakan berdasarkan tingkatan, seperti: hotel bintang, wisma, homestay atau guest house dan hotel melati. Salah satu yang menjadi perbedaan keempat jenis hotel tersebut adalah dari jumlah kamar serta fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

Hotel berbintang disimbolkan dengan lambang bintang 1 hingga 5. Berikut ini kriteria masing-masing hotel berbintang.

  • Hotel bintang satu: jumlah kamarnya minimal 15, dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi di dalam kamar.
  • Hotel bintang dua: jumlah kamarnya minimal 20, dilengkapi fasilitas kamar mandi di dalam kamar, AC, televisi, penerangan, jendela, lobi, bar, sarana olahraga. Jumlah kamar suite minimal 1 buah.
  • Hotel bintang tiga: jumlah kamarnya minimal 30, dilengkapi fasilitas kamar mandi di dalam, AC, televisi, penerangan, lobi, jendela, fasilitas olahraga, bar, restoran, tempat rekreasi dan valet parking. Kamar suite min 2 buah  .
  • Hotel bintang empat: jumlah kamarnya minimal 50 buah. Dilengkapi lobi dengan luas min 100 m2. Kamar suite minimal 3 buah. Fasilitas kamar mandi air panas & dingin,  telepon, AC, jendela, sarana rekreasi dan olahraga, bar dan restoran.
  • Hotel bintang lima: kamar minimal 100 buah , jumlah kamar suiet minimal 4 buah. Perabotan dan tempat tidur berkualitas tinggi, fasilitas, dan pelayanan lengkap.

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Jumlah Kamarnya

Jika dilihat dari jumlah kamarnya maka hotel bisa dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Hotel kecil dengan jumlah kamar maksimal 28 buah.
  2. Hotel menengah dengan jumlah kamar maksimal 28 – 229 buah.
  3. Hotel besar dengan jumlah kamar lebih dari 300 buah.

Jenis-jenis Hotel Berdasarkan Lokasinya

Berdasarkan lokasi hotel dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. City Hotel

Seperti namanya, hotel ini berada di perkotaan. Hotel ini ditujukan untuk orang yang menginap dalam waktu singkat. Biasanya city hotel dilengkapi dengan fasilitas ruang rapat. 

  1. Residential Hotel

Lokasinya berada di pinggiran kota, namun tidak telalu jauh dari tempat kegiatan bisnis. Biasanya dijadikan alternatif untuk tamu yang ingin menginap dalam jangka waktu yang agak lama. Biasanya jenis hotel ini dilengkapi fasilitas untuk keluarga, seperti tempat bermain anak.

  1. Resort Hotel 

Resort hotel adalah best hotel and resort yang dibangun di wilayah pegunungan atau di pinggir danau, pantai dan aliran sungai. Seringkali dijadikan tempat menginap pada waktu liburan.

  1. Motor Motel

Motor hotel adalah hotel yang dibangun di pinggir jalan raya. Biasanya menjadi penghubung antarkota. Lokasinya tidak jauh dari gerbang perbatasan dua kota.

Nah, bagi Anda yang ingin/memiliki rencana bisnis investasi properti hotel akan lebih mudah menentukan jenis dan klasifikasi best hotel mana yang akan Anda pilih. Ketepatan dalam memilih jenis best hotel harus berdasarkan berbagai hal pertimbangan. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan bisnis properti yang nantinya akan Anda jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *