Daftar Perusahaan Real Estate Terkemuka Di Indonesia

Daftar Perusahaan Real Estate Terkemuka Di Indonesia

Dalam bahasa hukum real estate atau real estate diartikan sebagai lahan yanan dengan segala objek permanen yang berdiri di atasnya. Selama ini sebagian orang menyangka real estate berkenaan dengan hunian saja, padahal objek permanen yang dimaksud banyak macamnya seperti sekolah, rumah sakit, hotel, perkantoran, dan sebagainya. Real estate tidak terlepas dari campur tangan pemerintah. Pada tahun 1974 untuk pertama kali Pemerintah mengatur real estate sebagai suatu industri. 

Industri real estate merupakan seluruh rangkaian dari proses pengadaan, penyediaan, pengelolaan, serta pembangunan gedung beserta segenap infrastruktur di atas sebidang lahan/tanah. Industri ini berkembang mengikuti grafik pertumbuhan ekonomi dan demografi sebuah kawasan atau wilayah. Semakin pesat pertumbuhan ekonomi suatu negara/ wilayah, maka pengadaan gedung dan infrastruktur semakin laju. Peluang ini yang kemudian ditangkap oleh kebanyakan perusahaan swasta untuk memberikan keuntungan bersama, baik untuk perusahaan itu sendiri, pemerintah, juga masyarakat global yang mengambil manfaat dari objek pada lahan yasan.  Karena itu industri real estate tergolong potensial untuk jangka panjang serta diprediksi akan terus menduduki posisi teratas dalam peningkatan ekonomi. 

Di Indonesia sendiri sedikitnya terdapat 4 perusahaan swasta yang concern di bidang real estate. Mungkin salah satu dari nama perusahaan berikut ini tidak asing bagi Anda.

  1. PT. Ciputra Development Tbk

Pastinya sebagian besar kita familiar dengan nama perusahaan yang satu ini. PT. Ciputra Development Tbk didirikan oleh seorang taipan bernama Ir. Ciputra pada tahun 1981. Sepak terjangnya di bidang real estate telah berlangsung lama di bidang real estate. Dalam sektor properti, PT. Ciputra Development Tbk, bukan hanya fokus di perumahan saja melainkan hotel, apartemen, lapangan golf, rumah sakit, hingga pusat perbelanjaan (mall) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Sebagai salah satu perusahaan real estate kelas paus, PT. Ciputra Development Tbk juga pernah mendapat kesempatan menggarap proyek properti skala besar di China. Suatu pencapaian yang belum tentu bisa diraih oleh perusahaan real estate lainnya. 

  1. PT. Pratama Gapura Prima Tbk  

Sama halnya dengan PT. Ciputra Development Tbk, PT. Pratama Gapura Prima Tbk juga pemain lama di bidang real estate. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1980 dengan Gunarso Susanto Margono sebagai inovatornya. Selain pengadaan rumah dalam skala besar, PT Prata Gapura Prima Tbk juga telah menuntaskan banyak sekali proyek pembangunan hotel, perkantoran, dan pusat perbelanjaan di beberapa kota besar di Indonesia.  

  1. PT. Lippo Karawaci Tbk 

Perusahaan ini didirikan oleh Mochtar Riadi pada tahun 1990. Jika Anda pernah mendengar tentang Meikarta, maka PT. Lippo Karawaci Tbk inilah sebagai pemegang mega proyek tersebut. Setelah pernah merampungkan Lippo Mall Puri, perusahaan ini bakal mengerjakan proyek pembangunan Cikarang Orange Country yang digadang-gadang sebagai mall terbesar dan termegah di Indonesia.  

  1. PT. Alam Sutera Realty Tbk

PT. Alam Sutera Realty Tbk didirikan oleh seorang konglomerat Harjanto Tirtohadiguno pada tahun 1993. Sepak terjangnya di industri real estate memang masih lebih muda dibandingkan PT. Lippo Karawaci Tbk. Namun sepanjang keberadaannya di Indonesia, telah banyak bukti fisik yang berhasil dikerjakan PT. Alam Sutera Realty Tbk ini. Sebut saja beberapa di antaranya pembangunan Wisnu Kencana Cultural Park, Klaster Suvarna Sutera, Alang sutera, Asri Sutera, dan masih banyak lagi. 

Itulah 4 nama perusahaan real estate terkemuka di Indonesia. Melihat geliat perekonomian Indonesia yang diprediksi akan terus bersinar, tak menutup kemungkinan akan menyusul nama-nama perusahaan real estate baru lainnya sebagai kompetitor. Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *