Macam-macam Amenities Hotels dan Mana yang Boleh Dibawa Pulang

Macam-macam Amenities Hotels dan Mana yang Boleh Dibawa Pulang

Sejak pariwisata di Indonesia kembali digalakkan, prospek bisnis perhotelan semakin cerah. Persaingan ketat semakin tak terhindarkan. Pengelola hotels harus pintar-pintar berstrategi demi menarik perhatian tamu. Selain fisik bangunan yang tentunya harus tampak kokoh, kelengkapan fasilitas di dalamnya kerap menjadi pertimbangan tamu sebelum menginap. Sebab, bagi sebagian orang hotel bukan saja sebagai tempat menginap sementara waktu, tapi juga bisa menjadi tempat berlibur pula atau dikenal dengan istilah staycation. 

Di samping itu, ketersediaan amenities hotels atau guest amenities turut mempengaruhi betah atau tidaknya tamu selama menginap. Semakin lengkap amenities yang disediakan hotel, semakin tinggi pula tingkat kepuasan tamu. Amenities sendiri mengandung pengertian perlengkapan yang disediakan hotel dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepuasan untuk seluruh tamu yang datang atau menginap. 

Tak sedikit yang keliru bahwa amenities hanya dapat ditemukan di kamar hotel. Padahal kelengkapan ada di seluruh ruangan hotel dan boleh digunakan oleh semua tamu yang berkegiatan di dalamnya, baik menginap maupun tidak. Supaya lebih jelas, berikut pengelompokan amenities hotels: 

Guest Room Amenities

Amenities jenis ini diletakkan pada ruangan utama hotel atau lazim disebut ruang tamu/lobby. Beberapa contoh amenities yang ada di sini, antara lain: 

  • Map folder. Benda ini  biasanya dipajang pada meja resepsionist. Digunakan untuk menyematkan brosur-brosur pariwisata, brosur hotel, peta lokasi, menu, dan sebagainya. 
  • Writing paper. Digunakan untuk mencatat pesanan, nomor telepon, atau catatan-catatan kecil. 
  • Pen/pena. Ada kertas, pasti harus ada alat tulisnya juga. 
  • Guest comment. Berupa lembaran berformat khusus yang umumnya juga diletakkan pada meja resepsionist. Lembaran ini ditujukan untuk setiap tamu yang ingin memberikan saran, kesan, ataupun kritik atas apa yang dirasakannya selama menginap. 

Room Service Amenities

Room service amenities tersedia di setiap kamar hotel. Makin tinggi tipe kamar hotel, semakin komplit pula amenities yang disedikan. Beberapa contoh paling umum, antara lain: 

  • Mug, tray, and tea spon
  • Beberapa sachet teh celup, kopi, dan gula
  • Mineral water
  • Coffee maker
  • Tissue
  • Televisi
  • Telepon
  • Laundry bag
  • Laundry basket
  • Mirror
  • Vas bunga dan segala bentuk pajangan interior
  • Sandal
  • asbak
  • Hanger
  • Note book dan alat tulis
  • Lampu meja
  • Sewing kit A

Bathroom Guest Amenities

Bathroom amenities dapat kita temukan pada setiap kamar mandi/toilet hotels, baik kamar mandi di dalam kamar atau kamar mandi umum. Perlengkapannya mencakup:

  • Toilet bowl sit
  • Shower
  • Sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, dan body lotion
  • Gelas untuk berkumur
  • Handuk  (terdiri dari handuk badan, handuk wajah,dan handuk tangan)
  • Shower cap
  • Keset basah dan kering
  • Tissue roll
  • Line hanger
  • Mirror
  • Hair dryer
  • Razzor

Amenities yang Pantang Dibawa Pulang

Beberapa kelengkapan hotel memang boleh dijadikan hak milik alias dibawa pulang. Namun, jangan coba-coba lakukan pada benda-benda yang terdaftar berikut ini kalau tidak mau dikenai denda saat check out: 

  • Bantal, selimut, dan seprai 
  • Handuk 
  • Ketel air/coffee maker
  • Keset
  • Hanger
  • Asbak 
  • Segala bentuk pajangan di dalam kamar
  • Cermin
  • Vas bunga 
  • Semua yang termasuk perlengkapan makan dan minum (cangkir, sendok pengaduk, piring)
  • Lampu meja
  • Hair dryer
  • Razzor

Di luar benda-benda di atas, silakan membawa pulang amenities yang disediakan hotel sebagai kenang-kenangan. Demikian daftar amenities hotels yang biasa disediakan pihak pengelola. Semakin berkelas sebuah hotel, semakin mewah pula amenities-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *