Mengenal Lebih Jauh Tentang Hotels Syariah

Mengenal Lebih Jauh Tentang Hotels Syariah

Sebagai sebuah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, wajar kiranya bila pemerintah mulai menerapkan konsep wisata halal di negeri ini. Sehingga dapat menumbuhkan perasaan lebih nyaman di kalangan umat muslim yang ingin berwisata. Konsep wisata halal itu sendiri berkenaan dengan prinsip syar’i yang diatur dalam Al-Quran. Mulai dari penyediaan menu 100% halal, tempat ibadah, toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan, hingga hotels. 

Kabar baiknya lagi, bisnis akomodasi yang mengedepankan nilai-nilai syar’i belakangan semakin menjanjikan. Tak heran jika di hotels konsep syar’i semakin mudah di ditemukan di Indonesia, terutama di kota-kota besar atau daerah-daerah wisata potensial. Berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No. 108/DSN-MUI/X/2016, bisnis atau usaha hotel syariah adalah penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di dalam suatu bangunan yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan memperoleh keuntungan yang dijalankan sesuai prinsip syariah. 

Untuk dapat disebut sebagai hotels konsep syar’i, tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, yakni: 

  1. Hotel tidak diperbolehkan memproduksi, memperdagangkan, menyewakan suatu produk atau jasa yang di dalamnya mengandung unsur-unsur yang melanggar nilai-nilai keislaman, baik secara keseluruhan maupun sebagian. Contohnya, seperti minuman berkadar alkohol atau zat yang memabukkan walau dalam kadar rendah sekalipun, makanan yang mengandung unsur babi, anjing, ular, dan hewan-hewan lain yang diharamkan. Semua menu makanan dan minuman harus dilengkapi dengan sertifikat halal yang diterbitkan MUI.  

Fasilitas hiburan yang di dalamnya terdapat aktivitas judi, tarian erotis (pornogragfi), layanan pijat plus-plus(perzinahan), pemandian yang disatukan antara pria dan wanita, dan lain sebagainya. 

  1. Wajib menyediakan fasilitas ibadah yang bersih beserta kelengkapannya dan peralatan beribadah yang memadai. Semisal, mukena dan sajadah. Pada setiap kamar wajib pula dilengkapi dengan petunjuk arah kiblat. 
  2. Setiap transaksi harus berdasarkan produk atau jasa yang rill atau benar-benar ada. 
  3. Segala aktivitas bisnis tidak boleh mengandung unsur kebohongan, risiko yang berlebihan, manipulasi, korupsi, ribawi, dan senantiasa harus selalu mengedepankan transparansi untuk menghindari gharar (ketidakjelasan). 
  4. Setiap aktivitas usaha harus bebas dari segala bentuk kezaliman, kemungkaran, kemaksiatan, pengrusakan, kesesatan, dan keterlibatan pada hal-hal yang melanggar nilai-nilai syar’i baik secara langsung maupun tidak. 
  5. Wajib berkomitmen atas segala perjanjian yang telah disepakati bersama. 
  6. Untuk hal-hal yang berkenaan dengan transaksi perbankan, hotel hanya boleh menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. 
  7. Seluruh pekerja yang terlibat di dalam aktivitas hotel wajib menggunakan pakaian sopan, sesuai dengan syariah Islam. 
  8. Guna menjami terselenggaranya pelayanan hotel yang sesuai dengan prinsip syariah, hotel harus punya panduan/pedoman terkait prosedur pelayanan hotel.

Dengan terpenuhinya syarat di atas, maka secara tidak langsung dapat terlihat perbedaan antara hotel syariah dengan hotel konvensional. Seperti yang kita ketahui, penerapan aturan pada hotel konensional terhadap tamu yang datang memang lebih longgar dibandingkan hotel syari. Di sini siapa saja boleh menginap, tak terkecuali pasangan yang bukan suami istri. Praktik-praktik hiburan malam yang cenderung mendekati maksiat juga lebih mudah dijumpai selama mendatangkan keuntungan untuk pihak hotel. Sedangkan hotel syar’i memiliki sejumlah aturan ketat dalam menerima tamu. Walau tamu nonmuslim tetap diperkenankan menginap, namun statusnya harus jelas. Bila membawa masuk pasangan ke dalam kamar, wajib menunjukkan buku nikah terlebih dahulu. 

Begitulah kira-kira gambaran hotels syariah. Apapun jenis akomodasinya, terpenting sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan seperti apa yang Anda harapkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *