Peluang Bisnis Properti Place To Stay Dengan Konsep Homestay

Peluang Bisnis Properti Place To Stay Dengan Konsep Homestay

Place to stay konsep homestay atau guest house merupakan salah satu bisnis properti yang cepat menghasilkan keuntungan. Bisnis ini patut dipertimbangkan khususnya bagi Anda yang memiliki properti dan berniat memanfaatkannya untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sama seperti menjalankan jenis lainnya, bisnis homestay tidak luput dari masalah ketika menjalankan bisnisnya, di antaranya seperti:

  • Properti tidak terawat dan bingung mengurusnya.
  • Menjalankan berbagai strategi tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan.
  • Menyewakan properti, tapi malah rugi.
  • Kalah bersaing dengan kompetitor.

Mengetahui dan memahami kesalahan yang umumnya terjadi pada bisnis place to stay menjadi penting, karena bisa dijadikan bahan pelajaran dan antisipasi jika suatu saat terjadi, Anda sudah bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasinya.

Kesalahan dalam manajemen property menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah. Seperti kita ketahui, properti adalah investasi berharga yang seiring waktu nilainya akan bertambah

Langkah Awal Bisnis Penginapan

Jika Anda sudah memiliki property yang akan dijadikan guest house dan modal sudah cukup, maka Anda sudah bisa mulai mengelola, mulai dari mengurus perizinan, standarisasi tempat penginapan, recruitment dan training karyawan, mencatat semua aktivitas keuangan dan kegiatan pemasaran yang didalamnya mencakup marketing, selling dan branding. 

Pekerjaan mengelola penginapan memang bukan hal yang mudah, terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu. Lalu bagaimana solusinya? Anda jangan khawatir karena sekarang sudah hadir manajemen bisnis place to stay service yang memberikan pelayanan membantu memberdayakan properti Anda menjadi homestay agar terkelola dengan baik. Dengan harapan property terrawat dan bisa mendatangkan passive income sehingga memiliki nilai tambah dan bernilai estetis.

Walaupun Anda menggunakan jasa bantuan management place to stay service, Anda tetap harus mengetahui dan memahami berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis ini, seperti bagaimana cara memulainya. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kesalahan.

  1. Pelajari dengan Bersungguh-sungguh

Bisnis penginapan dengan konsep guest house bisa dibilang baru, namun bukan berarti tidak ada pengalaman dari para pebisnis terdahulu. Anda bisa belajar dari orang yang pernah/memiliki pengalaman di bisnis ini. Lalu, analisis informasi yang Anda dapatkan, termasuk tips sukses bisnis di bidang homestay.

  1. Menyiapkan Rumah

Langkah berikutnya adalah menyiapkan rumah yang akan dijadikan penginapan. Untuk menarik tamu menginap, buatlah rumah menjadi menarik, unik, bersih dan nyaman. Tunjukkan apa yang menjadi kelebihan atau ciri khas homestay Anda dengan penginapan lainnya. Misalnya, dari segi pelayanan, segi interiornya, juga dari segi harga.

  1. Pilih Nama yang Mudah Diingat

Dalam dunia bisnis nama adalah hal yang penting karena nama menjadi identitas. Agar homestay Anda dikenal banyak orang pertama-tama gunakanlah nama yang mudah diingat dan diucapkan. 

  1. Promosikan 

Di jaman serba digital seperti sekarang ini banyak pilihan tempat untuk mempromosikan bisnis, contohnya, pasang iklan online, membuat website, dan memanfaatkan akun media sosial. Anda juga bisa memanfaatkan media offline, seperti pasang iklan di jalan, di surat kabar atau membagikan poster.

Bagaimana Apakah Anda sudah memiliki gambaran mengenai bisnis penginapan dengan place to stay dengan konsep guest house? Agar bisnis berjalan lebih efektif dan properti menjadi lebih produktif dengan pasif income, solusinya bisa bekerja sama dengan management place to stay service yang terpercaya, profesional dan memiliki banyak pengalaman. Umumnya bentuk kerja sama bisnis ini adalah self management dan full management. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *