Poin Penting Memulai Bisnis Boutique Hotel Agar Terus Berkembang dan Tidak Timbul Masalah Di Kemudian Hari

Poin Penting Memulai Bisnis Boutique Hotel Agar Terus Berkembang dan Tidak TImbul Masalah Di Kemudian Hari

Penginapan boutique hotel atau hotel butik saat ini banyak dicari khususnya para traveler, selain harganya lebih terjangkau dibandingkan hotel konvensional, menginap di hotel butik juga memberikan pengalaman yang berbeda dan berkesan.

Jika Anda ingin terjun ke bisnis hotel butik, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulainya. Yuk langsung saja simak analisisnya berikut ini.

Poin-Poin Penting Memulai Bisnis Boutique Hotel

  • Menentukan Lokasi

Dalam bisnis ini, lokasi merupakan salah satu faktor penting yang nantinya akan mempengaruhi perkembangan usaha Anda. Jika lokasi hotel mudah diakses dan strategis maka berpeluang mendatangkan pengunjung, artinya mempengaruhi kesuksesan hotel. Apalagi jika lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, lokasi wisata dan daerah kuliner tentu akan menambah nilai jual.

  • Mengurus Surat Izin

Proses mengurus surat izin wajib dilakukan dan membutuhkan waktu yang lumayan memakan waktu. Umumnya Anda harus memiliki surat izin prinsip, izin lokasi, izin lingkungan setempat, Amdal atau analisis mengenai dampak lingkungan, izin dari dinas pariwisata setempat dan surat izin lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, bisa langsung menghubungi dinas perizinan di daerah setempat.

  • Menentukan Konsep Dan Tema

Persaingan bisnis penginapan semakin ketat, oleh sebab itu pemilik harus memiliki ide dan konsep menarik yang bisa menjadi ciri khas dan pembeda dengan hotel lainnya. Apalagi boutique hotel adalah hotel yang mengusung konsep unik. Tidak jauh berbeda dengan homestay yang menonjolkan suasana lebih homy

Misalnya, interior hotel menggunakan material serba kayu yang dipadukan dengan gaya modern. Bisa juga dengan kamar dengan tema laut. Lakukan riset untuk mengetahui apakah konsep yang Anda usung berpotensi sukses. 

  • Buat Strategi Pemasaran

Keberhasilan bisnis boutique hotel ditentukan juga oleh kegiatan pemasaran. Semewah dan senyaman apapun hotel Anda jika tidak dipasarkan atau dipublikasikan akan sia-sia karena tidak banyak orang yang tahu.

Kegiatan pemasaran dapat dilakukan melalui internet, seperti memanfaatkan media sosial. Walaupun dengan internet bisa lebih menghemat waktu dan biaya, jangan tinggalkan strategi pemasaran konvensional, seperti; memasang poster atau spanduk yang disertai lokasi dan gambar. 

Penting menekankan informasi bahwa hotel Anda memberikan kenyamanan dan sesuatu yang unik. Misalnya, harga yang terjangkau, tema hotel yang unik dan berbeda dengan hotel lain, interior yang unik, pelayanan yang memuaskan, suasana yang homy.

  • Siapkan Modal

Modal yang dibutuhkan memulai bisnis penginapan homestay tidak akan sebesar hotel konvensional pada umumnya. Namun tentu saja Anda tetap harus pandai mengelola keuangan dan membatasi pengeluaran operasional.

Agar keuangan terkontrol dan tidak tercampur dengan keuangan pribadi buatlah perencanaan daftar keuangan yang mencantumkan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk memulainya. Kemudian lanjutkan dengan membuat daftar biaya operasional.

  • Pelayanan Yang Memuaskan

Pastikan penginapan milik Anda selalu bersih dan karyawannya selalu memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, dengan demikian diharapkan setiap pengunjung yang menginap mendapatkan pengalaman yang berkesan sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap dan mempromosikannya secara pribadi kepada teman-teman, kerabatnya.

Nah bagaimana apakah setelah membaca artikel ini sudah bisa bisa membayangkan bagaimana cara memulai bisnis membuka boutique hotel? Yang penting adalah buat perencanaan secara menyeluruh dan detail serta lakukan riset pasar dan uji kelayakan agar rencana bisnis properti ini tergambarkan dengan jelas. 

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *