Virtual Hotels Operator: Oyo, Airy Rooms, Red Doorz, Dan Air BnB

Virtual Hotels Operator: Oyo, Airy Rooms, Red Doorz, Dan Air BnB

Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis perhotelan berkembang pesat di Indonesia. Hal tersebut tentu ada kaitannya dengan mindset masyarakat yang mulai menyadari bahwa traveling adalah kebutuhan dengan tingkat prioritas di bawah pangan dan papan. Cara pandang masyarakat tentang konsep liburan pun telah banyak berubah; tak selamanya butuh budget besar asal cermat memilih akomodasi dan transportasi. Didukung dengan perkembangan teknologi modern, segala sesuatu yang dibutuhkan saat plesir menjadi lebih mudah didapat. Salah satunya, dengan hadirnya Virtual Hotels Operator. 

Virtual Hotels Operator (VHO) merupakan bagian dari management hotels yang diterapkan hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia. VHO memungkinkan kita melakukan pemesanan dan check out secara daring. Semua prosesnya dapat selesai dalam waktu kurang dari satu menit saja. Tak hanya itu VHO juga menawarkan sejumlah penginapan berbudget murah dengan fasilitas dan service tetap diutamakan. Beberapa VHO yang populer di tanah air contohnya OYO, Airy Rooms, Red Doorz, dan Air BnB. Mari kita ulas satu per satu.

OYO

Walau belum lama ada di Indonesia, jaringan hotel OYO telah mencapai lebih dari 700 hotel dengan lebih dari 20.000 kamar. Hotel-hotel yang berada di bawah management OYO hotels ini menawarkan beberapa pilihan harga yang semuanya tergolong murah di kelasnya, yakni mulai dari 150 ribu hingga 2,4 juta rupiah/malam. 

Fasilitas yang ditawarkan terbilang cukup lengkap dengan standar kelayakan memuaskan, seperti bed dengan coer linen yang selalu bersih, WIFI gratis berkecepatan tinggi, air panas, AC, TV flat, kamar mandi higienis lengkap dengan amenitiesnya. 

Airy Rooms 

Airy Rooms dalam jajaran VHO di tanah air memang bukan suatu yang baru. Bahkan, sudah duluan ada dibanding OYO. Mantapnya, Airy Rooms merupakan perusahaan asli anak bangsa dengan jaringan hotel mencapai ribuan dan tersebar di seluruh Indonesia. 

Hotel-hotel yang tergabung dalam management Airy rooms termasuk ke dalam segmen ultra budget dengan rate antara 250-500 ribu rupiah/malam. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas WIFI gratis berkecepatan tinggi, AC, bed cover linen, TV satelit, snack, air mineral, kamar mandi beserta amenities tentunya. 

Red Doorz 

Pemain VHO lainnya yang tak kalah popular di kalangan wisatawan ialah Red Doorz. Konsep fasilitas kamar tidak jauh berbeda dari Airy rooms. Setiap kamar dilengkapi dengan bed cover linen, TV satelit, air mineral, WIFI, juga kamar mandi yang higienis beserta peralatan mandinya. 

Hotel-hotel di bawah jaringan Red Doorz bukan hanya tersebar di Indonesia saja, melainkan hampir di seluruh Asia Tenggara dengan jumlah kamar mencapai 50.000 lebih. Kebanyakan berjenis guest host dan kost ekslusif. 

Sayangnya, Red Doorz dinilai kurang transparan dalam menginformasikan harga. Harga asli baru dapat diketahui setelah konsumen melakukan pembayaran. Jika Anda bermaksud menginap di hotel jaringan Red Doorz, maka siapkan budget agak lebih daripada yang tertera di situs. 

Air BnB

Air BnB sedikit berbeda dari Virtual Hotels Operation. Dalam hal ini, Air BnB hanya menyediakan aplikasi reservasi penginapan saja, tanpa ikut mengelola penginapan-penginapan yang berada di bawah naungannya. Namun, dari segi pilihan penginapan jelas Air BnB lebih banyak dan menjangkau lebih banyak negara di seluruh dunia. Terutama di negara-negara yang terkenal dengan akomodasi mahalnya, seperti di benua Eropa.Sebagian besar akomodasi yang tersedia ini memang ditujukan untuk menengah ke atas dengan kelengkapan fasilitas lebih wah daripada umumnya. 

Nah, sudah tahu perbedaan hotel-hotel di bawah jaringan Virtual Hotels Operator, bukan? Semoga ulasan di atas berguna untuk Anda yang sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *